logo

on . Hits: 98

“Pimpinan dan para Hakim Pengadilan Agama Raha Ikuti Webinar tentang peran hakim dalam pemenuhan hak perempuan dan anak di persidangan”

Jum'at 16 Oktober 2020.bertempat di Media Center Pengadilan Agama Raha, Ketua PA. Raha, Ketua Pengadilan Raha Subianto Nugroho, S.H.I., S.Pd.Si dan Wakil PA. Raha, Abdul Salam, S.H.I, Serta para Hakim Pengadilan PA.Raha mengikuti seminar melalui web (webinar) yang diadakan oleh Kementrian dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA) bersama Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) yang tergabung dalam lembaga Propesi Sahabat Perempuan dan anak (Prosapena) di ruang Media Center PA. Raha melalui aplikasi Zoom. Mengangkat tema ‘Peran Hakim Dalam Pemenuhan Hak Perempuan Dan Anak Di Persidangan’, webinar dilaksanakan sejak pukul 08.30 WIB atau pukul 12.30 WITA. Dalam webinar ini, diundang beberapa narasumber diantaranya : Idra Gunawan, SKM ., MA (Deputi partisipasi masyarakat), Dr. Suhadi.,SH., MH (Ketua Ikahi) periode 2019 – 2022, Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H ( Hakim Agung) Khusus di Kamar Agama. Yang bertujuan untuk berbagi tentang peran hakim dalam pemenuhan hak perempuan dan anak di persidangan. Selain melalui Zoom, webinar juga dapat diikuti melalui YouTube.

Dalam kesempatan tersebut bapak Purwo panggilan akrab Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H menyampaikan beberapa hal Dispensasi Kawin (DK) yang sejak adanya adanya aturan baru tentang batasan baru tentang usia perkawinan yakni yang awalnya 19 tahun bagi laki-laki dan 16 tahun bagi Perempuan, yang sekarang berubah sejak diundangkannya Undang-Undang No 16 Tahun 2019 sebagai Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, bahwa usia perkawinan berubah menjadi 19 bagi laki-laki dan 19 tahun juga bagi perempuan yang ini membuat dampak yang signifikan bagi perkara DK yang masuk dan disidangkan di Pengadilan agama seluruh Indonesia begitu pula yang terjadi di Pengadilan agama Raha mengalami jumlah kenaikan perkara hingga 100 %.

1543ed6f 5c65 4547 b9fd ee796cd1101f

Masih dalam penyampaiannya bapak Purwo “menyinggung tentang pengadilan yang mengalami lonjakan tertinggi perkara dispensasi nikah yakni diantaranya yang tertinggi se- Indonesia dipegang oleh Pengadilan Agama Surabaya dilanjutkan Pengadilan Agama Semarang sedangakan perkara DK terendah se- Indonesia dipegang oleh Pengadilan Agama Jakarta serta Pengadilan Agama Banten ini menjadi perhatian karena kenapa malah Jakarta yang berdekatan dengan ibukota bisa menjadi penyumbang paling sedikit perkara DK seindonesia dan hal ini perlu dikaji lebih mendalam ungkap pak Purwo”.

843f01dd 456b 4ac8 b0a6 975b54e1825c

Ketua dan Wakil serta hakim PA. Raha begitu antusias menyimak dan menyaksikan acara webinar tersebut sebagai tambahan ilmu serta pengalaman dan bisa mempraktekkan apa yang disampaikan para pembicara khususnya bagi para hakim PA. Raha yang nantinya akan menangani Perkara Dispensasi kawin yang diajukan para pihak di PA. Raha. Karena memang ada beberapa factor yang kadang terlupakan dalam menangani perkara DK yang diajukan yang bisa dijadikan patron para hakim PA. Raha dalam menangani perkara tersebut diataranya : kehadiran para pihak, penasehatan, keterangan sumua pihak, meniadakan paksaan, komitmen orang tua, perbedaan umur, kondisi anak dan pendampingan sebelum memutus perkara dan sebisa mungkin anak mengerti terhadap hal tersebut, sehingga anak akan berfikir untuk mencabut perkara DK yang diajukan tersebut. Dan acara tersebut kemudian diakhiri dengan sesi foto pimpinan dan para hakim dan acara dia akhiri dengan ucapan alhamdulillahirobbil alamin.Tim IT Pengadilan Agama Raha (Dwi).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Raha

Raha II, Katobu, Muna, Sulawesi Tenggara

Telp: 0403-2523238

Fax: 0403-2523238

Website : www.pa-raha.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi