logo

on . Hits: 64

HAKIM MEDIATOR PENGADILAN AGAMA RAHA BERHASIL SELESAIKAN GUGATAN HARTA BERSAMA

IMG 20210611 WA0005

RAHA- Salah seorang hakim Pengadilan Agama Raha Badirin, S.Sy.,S.Hum. berhasil melaksanakan upaya mediasi dalam penyelesaian perkara gugatan harta bersama dengan register perkara 189/Pdt.G/2021/PA.Rh. ia mengatakan, bahwa keberhasilan mediasi sukarela tersebut berkat adanya kesungguhan dari semua pihak. Mengingat pemeriksaan perkara ini sudah berlangsung lama bahkan sudah mencapai agenda pembuktian. “saya sebagai mediator yang ditunjuk oleh majelis hakim pemeriksa perkara berusaha meyakinkan Penggugat dan Tergugat agar bisa menuntaskan masalah tersebut secara damai “katanya di ruang mediasi Pengadilan Agama Raha, Jum’at, 11 Juni 2021.

Badirin, S.Sy.,S.Hum. menuturkan, dalam hal ini Penggugat dan Tergugat mengaku tidak keberatan mengikuti mediasi. Bahkan, kata dia, keduanya sangat kooperatif menjalani tahapan demi tahapan proses mediasi di ruang mediasi Pengadilan Agama Raha, mengingat ini merupakan mediasi sukarela yang diminta sendiri oleh para pihak. “Mereka menghendaki penyelesaian sengketa harta bersama dengan jalan musyawarah kekeluargaan,”tuturnya.

Badirin, S.Sy.,S.Hum. menyebutkan, setelah menggali informasi dan mengkaji kasus harta bersama dari para pihak, ada beberapa kesepakatan yang dihasilkan. Salah satunya, kata dia, para pihak secara sukarela sepakat membagi harta sesuai dengan porsinya, “saya hanya menjembatani dan merumuskan maksud dan keinginan mereka,”ujarnya.

Sementara itu, Badirin, S.Sy.,S.Hum. mengatakan, untuk memperkuat isi kesepakatan damai selanjutnya majelis hakim kemudian menuangkan dalam akta perdamaian. Tujuannya, kata dia, agar nantinya kesepakatan tersebut memliki kekuatan eksekutorial. “ini demi kebaikan bersama, jika salah satu pihak ada yang tidak beriktikad baik dalam hal pembagian harta,”katanya.

Lebih lanjut, sebagai informasi Badirin, S.Sy.,S.Hum. menjelaskan, jika mediasi juga merupakan cara penyelesaian sengketa secara damai dan paling efektif. Bahkan, dalam prosesnya dapat memberikan kesempatan lebih luas bagi setiap pihak untuk memperoleh penyelesaian masalah yang memuaskan, mengingat perdamaian adalah keadilan yang paling tinggi. “tentunya sesuai dengan amanat Perma Nomor 1 tahun 2016 Tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan, “ucapnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Raha

Jalan Poros Raha-Tampo, Desa Laslepa, Kec. Lasalepa, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara

Telp: 0403-2523238

Fax: 0403-2523238

Website : www.pa-raha.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi