logo

on . Hits: 16

Berikan Pelayanan Prima, Pengadilan Agama Raha Beserta Mitra Kerja Tuntaskan Administrasi Pasangan Nikah Sirri

Jumat, 15 Oktober 2021. Bertempat di KUA kecamatan Parigi, Pengadilan Agama Raha beserta dua mitra kerja yakni Kementerian Agama kabupaten Muna dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna mewujudkan hasil dari penandatanganan nota kesepahaman pada 30 Agustus 2021 lalu.

Seperti diketahui, bahwa Pengadilan Agama Raha beserta enam mitra kerja telah membangun komitmen dalam sebuah MoU untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. MoU tersebut lahir dengan latar belakang Pengadilan Agama Raha yang mewilayahi tiga kabupaten yakni kabupaten Muna, kabupaten Muna Barat dan kabupaten Buton Utara yang terdiri dari dua pulau besar dan pulau-pulau kecil lainnya. Dengan kondisi geografis dan wilayah yurisdiksi yang begitu luas, sehingga menghambat masyarakat untuk datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Raha. Selain itu, pada kenyataannya masyarakat masih banyak melakukan praktek nikah tanpa dicatatkan, terbukti dari statistik perkara permohonan pengesahan nikah yang ditangani oleh Pengadilan Agama Raha sejak tahun 2018 sejumlah 337 perkara, tahun 2019 sejumlah 471 perkara, tahun 2020 sejumlah 112 perkara dan tahun 2021 hingga bulan Oktober ini sejumlah 142 perkara. Penurunan statistik tersebut, senyatanya belum disertai dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mencatatkan pernikahannya, melainkan sejak tahun 2020 kerja sama antara Pengadilan Agama Raha dengan pemerintah daerah terputus karna pandemi sehingga kegiatan isbat nikah terpadu tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu, Pengadilan Agama Raha menggandeng mitra kerja untuk kembali menjawab kebutuhan masyarakat khususnya di daerah sulit akses dengan anggaran masing-masing.

Sebelumnya, Pengadilan Agama sebagai founding father kegiatan yang bertajuk "Sidang Isbat Nikah Terpadu dan Penyerahan Produk" telah melakukan sidang di luar gedung pengadilan yakni di KUA kecamatan Parigi. Majelis hakim yang diketuai langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Raha tersebut mengabulkan 22 perkara pengesahan nikah (isbat nikah) dari 24 perkara yang disidangkan, sisanya putus karna dicabut oleh para pihak.

Sebagaimana tertuang dalam nota kesepahaman, bahwa setelah Pengadilan Agama mengeluarkan penetapan, maka Kementerian Agama kabupaten Muna yang dalam hal ini dilaksanakan oleh KUA kecamatan Parigi menerbitkan buku nikah. Dilanjutkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Muna menerbitkan KTP dengan status yang baru, Kartu Keluarga dan akta kelahiran anak.

ac445688-9407-473a-a57b-bb6e043bdd9c.jpg

Ketua Pengadilan Agama Raha menyerahkan produk penetapan isbat nikah kepada pencari keadilan

Pada acara yang turut dihadiri oleh dua puluh dua pasangan suami istri tersebut, Subiyanto Nugroho, S.H.I., S.Pd.Si selalu Ketua Pengadilan Agama Raha menyampaikan bahwa acara yang dilaksanakan hari ini adalah wujud nyata Pengadilan Agama Raha dan mitra kerja dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebab, masyarakat mendapatkan kemudahan dalam penuntasan administrasinya tanpa perlu datang dan mengurus ke kantor Pengadilan Agama Raha, kantor KUA, ataupun ke kantor Disdukcapil, melainkan semua pelayanan berganti mendatangi masyarakat.

"Hari ini adalah buah dari penandatanganan nota kesepahaman yang kami sebut dengan istilah Koki Lintusi (koordinasi Kinerja Lintas Institusi). Koki lintusi merupakan salah satu inovasi Pengadilan Agama Raha dengan menggandeng mitra kerja yang mempunyai tugas saling berkaitan. Harapannya, semoga upaya-upaya yang kami lakukanlah mampu memberi kemanfaatan dan kepastian yang lebih cepat bagi masyarakat" Tambahnya.

Turut hadir pada acara tersebut kepala Kementerian Agama kabupaten Muna yakni Bapak Drs. H. Kammarudin, M.Si dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yakni Bapak La Ode Abdul Kadir,S.Sos. Keduanya, mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Pengadilan Agama Raha dan berkomitmen akan bersama-sama berupaya memberikan pelayanan yang mudah, murah, dan cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Puncaknya, para pimpinan ketiga instansi tersebut menyerahkan buku nikah dan dokumen-dokumen administrasi kependudukan lainnya sebagai produk akhir dari nota kesepahaman yang telah disepakati.

cdaf621d-3785-4ff7-b734-898c2d77a536.jpg

Ketua Pengadilan Agama Raha, Kepala Kantor Pengadilan Agama Raha dan Kepala Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muna menyerahkan masing-masing produknya

Basri dan Wa hamdia, salah satu pasangan yang mengikuti sidang isbat nikah mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan seperti ini, "Pelayanan yang dekat, dan menyentuh langsung seperti inilah yang selalu ditunggu oleh masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan terutama di wilayah yang sulit akses". Pungkasnya. (ubs)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Raha

Jalan Poros Raha-Tampo, Desa Laslepa, Kec. Lasalepa, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara

Telp: 0403-2523238

Fax: 0403-2523238

Website : www.pa-raha.go.id

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi